Friday 19 July 2013

Bahan Galian Industri : Feldspar



Feldspar

Feldspar (KAlSi3O8NaAlSi3O8CaAl2Si2O8) adalah kelompok mineral tektosilikat pembentuk batu yang membentuk 60% kerak Bumi.
Feldspar mengkristal dari magma pada batuan beku intrusif dan ekstrusif dalam bentuk lapisan, dan juga ada dalam berbagai jenis batuan metamorf. Batu yang hampir seluruhnya terbentuk dari feldspar plagioklas kalsium dikenal sebagai anortosit.Feldspar juga ditemukan di berbagai jenis batuan sedimen

Penambangan:
 
·         dapat dilakukan dengan cara penambangan terbuka (quarying) dan cara penambangan dalam.
  Umumnya kapasitas penambangannya kecil,tidak teratur, dan selalu diikuti dengan hand sorting (pemisahan) untuk menghilangkan mineral lain yang terlihat jelas secara kasat mata ,dan serta untuk mengelompokkan menurut jenis dan warnanya.

Pengolahan:

  Pengolahan feldspar dimaksudkan untuk menghilangkan mineral-mineral pengotor seperti: pasir besi (Fe), biotite, garnet, tourmaline, mika /muscovite, dan kuarsa.
  Pengolahan feldspar dapat dilakukan secara sederhana yaitu dengan cara:
Penggilingan,dengan pan mill(diputar dengan kincir angin) – pencucian – pengayakan,dengan bukaan 20 mesh
  Pengolahan juga dapat dilakukan dengan cara flotasi, dimana pengolahan ini dilakukan dengan cara bertingkat guna  memisahkan pengotor dan konsentratnya dengan mengapungkan pengotornya(mineral mika) menggunakan amine asetat dengan pH 2,5-3.

Kegunaan :

  Endapan pasir feldspar - kuarsa digunakan sebagai bahan pembuatan industri keramik/ gelas, abrasive, bahan imbuhan, industri kimia, industri ct,isolasi, industri semen Portland, isolator tegangan rendah sampai menegah, industri kaca dan kertas. 

sumber : presentasi kuliah BGI

No comments:

Post a Comment